Bisnis Coklat Pralin, Tetap Manis !!!

Posted on Juni 6, 2012. Filed under: coklat pralin |

Berawal dari coklat souvenir buah tangan pernikahan saudara, Evianah (34), domisili Simo Hilir Surabaya, akhirnya kepincut dan memutuskan untuk membuatnya sendiri. Dan, bisa ditebak kegiatan tersebut menjadi hobi yang menghasilkan.

“Usaha ini sudah saya lakoni sejak empat tahun silam. Awalnya pelanggan banyak yang awam, apa itu coklat pralin, dikira sama dengan coklat batangan yang lebih dulu mereka kenal, soal rasa tidak kalah loh,” ujarnya.

Pada dasarnya coklat pralin dibuat dari coklat lembaran kemudian dilebur, dicetak dalam wadah dan dihias sesuai keinginan.

“Jenisnya ada yang agak pahit (dark) dan manis (milk), begitu pula warnanya, mulai putih, merah muda sampai biru. Banyak juga yang mengira, kelir tersebut adalah pewarna padahal memang ada coklat seperti itu. Kalau dikasih bahan seperti itu, kita juga tidak mau mas,” papar Evi.

Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai satu kotak isi 5 Rp 10 ribuan, dikemas dalam plastik mika bentuk persegi panjang yang disekat atau disesuaikan sesuai bentuk pemesan.

“Soal harga macam-macam, mulai di bawah lima puluh ribu rupiah sampai menyesuaikan besarnya coklat, warna serta bahan yang dipakai, jenis dark atau milk,” tambahnya.

Di samping rajin ikut bazaar atau pameran umum, selama ini pelanggan juga datang dari rekan kerja serta konsumen via online.

“Sengaja saya bikin website supaya jangkauan promosi semakin luas. Selain pembeli dari Surabaya atau Sidoarjo, ada juga dari Bandung, Jakarta sampai Singapura. Caranya tinggal kirim lewat ekspedisi dan bilang kalau ini makanan,” imbuhnya.

Dengan bendera VinChoco, tiap bulannya pengusaha yang merangkap sebagai dosen ekonomi salah satu universitas swasta di Kota Pahlawan, mampu mendapat hasil yang cukup menggiurkan.

“Tidak enak kalau disebutkan mas, intinya, tiap minggu ada saja pesanan, entah itu sepuluh atau dua puluh kotak. Belum lagi jelang Lebaran seperti ini, pesanan sudah menumpuk mas. Biasanya saya beli dulu bahan sebanyak-banyaknya supaya tidak terkena imbas kenaikan harga,” pungkasnya.

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: