Mengolah Jamur Tiram Menjadi Camilan Bergizi dan Bernilai Jual

Posted on Juni 6, 2012. Filed under: jamuren world's |

 

Oleh : Yusianah, S.Si

Banyak petani jamur yang dilema dengan melimpahnya hasil panen jamur mereka apalagi ketika harga jual jamur dipasaran turun, hal ini terjadi karena mereka kesulitan dalam hal mencari tempat pemasaran. Padahal jamur tiram merupakan jenis tanaman sayuran sehingga bila tidak segara laku maka jamur tiram akan busuk dan tidak dapat dijual.

Padahal sebenarnya jamur tiram selain bisa di jual dalam kondisi segar dapat pula di jual melalui produk olahan. Seperti dengan mengolah jamur tiram menjadi keripik jamur tiram, jamur crispy, dendeng jamur, sosis jamur, siomay jamur dan nugget jamur.

Dengan adanya penganekaragaman produk olahan jamur seperti yang disebutkan diatas maka akan lebih menarik perhatian masyarakat untuk mengkonsumsinya, daripada langsung mengolah jamur tiram menjadi sayuran biasa. Selain jamur tiram memiliki nilai gizi yang tinggi, dengan dibuatnya produk olahan jamur tiram maka akan menambah cita rasa dari jamur itu sendiri dan memilliki nilai jual yang tinggi. Karena konsumen sekarang sudah pandai dalam hal memilih makanan camilan, oleh sebab itu produk olahan jamur tiram bisa menjadi alternatif makanan camilan yang bergizi untuk dikonsumsi sehari-hari

Dengan produk olahan dari jamur tiram akan mempunyai nilai jual yang tinggi ketimbang harus di jual langsung dalam kondisi segar. Produk olahan dari jamur tiram diharapkan menambah penghasilan sebagai pengembangan usaha petani, dimana sebagian hasil dari panen jamur tiram ada yang di jual dalam kondisi segar, sebagian juga dimanfaatkan untuk produk olahan jamur tiram, yang salama ini belum pernah dilakukan para petani. Petani jamur tiram dapat memberdayakan masyarakat sekitar untuk ikut bekerja dalam mengolah jamur tiram.

Dengan adanya produk olahan jamur tiram diharapkan petani jamur dapat menambah penghasilan mereka, memberdayakan masyarakat sekitar untuk memperbaiki ekonomi mereka.

Dalam kegiatan ini terdapat dua target luaran yang dihasilkan : Pertama dihasilkan jenis-jenis produk olahan jamur tiram, Kedua membekali kelompok petani dan masyarakat dengan pengetahuan, keterampilan, pelatihan tentang pengolahan jamur tiram yang mempunyai nilai jual tinggi sampai dengan cara memasarkan produk jamur tiram tersebut. Target luaran lain yang diharapkan adalah :

a. Kelompok petani dan masyarakat dapat mengembangkan kemampuan diri dalam pengembangan usaha
b. Menambah pengetahuan tentang bahan, cara pengolahan serta pemasaran produk
c. Pengembangan keterampilan dalam pengolahan hasil-hasil pertanian
d. Pemanfaatan hasil-hasil pertanian jika sedang melimpah, terutama jika harga jual produk segar turun, mereka bisa memanfaatkan untuk digunakan produk olahan yang bernilai jual tinggi
e. Setelah dilakukan kegiatan ini diharapkan terdapat peningkatan pendapatan bagi kelompok petani jamur dan masyarakat sekitar
f. Mengurangi jumlah pengangguran dengan merekrut masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengolahan hasil – hasil pertanian
g. Agar petani dan masyarakat lebih kreatif, inovatif dalam menciptakan produk-produk baru, serta berjiwa enterprenour
h. Menyediakan lapangan kerja dengan menciptakan home industri yang memproduksi sendiri hasil-hasil pertanian

(penulis adalah pengusaha keripik jamur di sidoarjo. Artikel ini merupakan materi pembinaan alih profesi kepada industri kecil, rokok, Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri, dalam acara pelatihan Pengolahan Jamur di Desa Wates Kec Pagu Kabupaten Kediri (25-29 Juli 2011)

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: