redam kompresi dengan ‘nafas buatan’

Posted on Juni 9, 2012. Filed under: otomotif area | Tag:, , , , |

Tak tahan sering melihat oli rembes dari silinder head mesin megapro primus ’07, penulis akhirnya mencari cara untuk meredam kompresi mesin yang sudah memakai askruk, stang, noken as orisinil tiger.

Memang, oli yang keluar hanya 0,000 sepersekian liter, namun tetap saja, rembesan tersebut tidak enak dipandang.

Awalnya, seher meggy+ring orisinil dilepas dari stang digantikan dengan seher+ring tiggy. Bukan rahasia, meski diameter kedua seher sama, namun punya meggy lebih jenong sehingga memampatkan ruang bakar mesin sehingga angka kompresi lebih padat menyebabkan hentakan tenaga di dalam lebih besar dari sebelumnya.

Alhamdulillah, rembesan oli, mulai jarang terlihat, namun untuk berjaga-jaga, penulis coba menggunakan alternatif lainnya yakni melalui ‘nafas buatan’

Langsung saja sambang ke toko aksesoris untuk beli perangkat menggantikan tutup oli asli di daerah Bratang, lanjut mencari slang radiator serta wadah rem oli di toko mobil daerah Kedungdoro Surabaya.

Langsung dirangkai, sesuai gambar dan walhasil rpm mesin ketika dibuat jalan ke Bali, sekitar 17 Mei 2012, saat mesin stasioner di lampur merah, jarum stabil menunjuk angka di bawah 1500, padahal sebelumnya, waktu ikut MD3, acara temu kangen Megaproholic di Gunung Kidul Yogyakarta (5-6 Mei), rpm sepertinya ogah nempel di angka 1500 kebawah.

Lumayan, jadi sekarang ada 2 tempat bernafas oli, 1 bawaan pabrik, satunya buatan dewe.

Aman? terbukti aman dan oli tidak muncrat seperti gambaran awal penulis. Saat pagi, manasin mesin, tempat oli rem yang sengaja dilubangin (karena jika tidak oli justru akan muncrat-mucrat) penulis bisa merasakan, betapa besarnya hembusan angin yang keluar dari sana.

Andai tidak dibuatkan jalur pernafasan baru, meggy yang baru ganti mesin tadi, bukan karena rusak atau aus, inginnya tetap awet dan nyaman dibuat jalan jauh…

Tertarik? Mudah dan murah kok…

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: