Kombucha Coffee Ala Mahasiswi Ubaya

Posted on Juni 10, 2012. Filed under: info berita |

Selain susu (yoghurt) dan teh (kombucha tea), Kopi ternyata juga bisa,diproses dengan cara serupa. Hasil pengolahannya pun tidak kalah dari Yogurt dan kombucha tea.Selain itu dari segi kesehatan kopi fermentasi ini juga punya kandungan sama dengan yoghurt dan kombucha tea, yaitu vitamin C dan antioksidan.

Kopi fermentasi yang sekarang diberi nama kombucha coffe mahasiswa Fakultas Teknobiologi Ubaya, Cecilia Hariyanto. Merupakan bagian dari tugas akhir yang dibuat wanita 22 tahun ini.

“Kombucha diambil dari nama bakteri yang digunakan melakukan fermentasi dan kopi yang saya gunakan berjenis Arabika,” ungkapnya di Ruang lab bioteknologi mikroorganisme lantai 2 Universitas Surabaya.

Menurut Cecilia dengan proses fermentasi, kopi arabika bisa menjadi minuman menyehatkan.”Menyehatkan karena satu, memiliki antioksidan lebih tinggi dari teh. Antioksidan dapat berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, dengan cara menunda, memperlambat, dan mencegah proses oksidasi,” tandasnya.

Selain itu kandungan kafein dalam kopi Arabika 0, 8-1,5% memberi pengaruh positif pada rangsangan peningkatan pengeluaran urin, merangsang otak dan aktivitas jantung.Ketiga kandungan vitamin C pada kombucha coffee berbanding sejalan dengan lama fermentasi. Semakin lama waktu fermentasi semakin tinggi pula kadar vitamin C yang dikandung.

“Setahu saya, kopi yang biasa diseduh mampu menurunkan resiko diabetes militus, kanker dan meningkatkan konsentrasi. Hal ini dikarenakan kandungan polyphenol yaitu chlorogenic acid di dalam kopi, namun manfaat ini bergantung dari jumlah kopi yang diminum. Selain itu kandungan antiksidannya lebih tinggi daripada teh. Bahkan kafeinnya juga bersifat diuretik, merangsang peningkatan pengeluaran urin, serta merangsang otak dan aktivitas jantung,” pungkasnya.

 

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: